Kamis, 12 Maret 2015

PENDAP, PEPES IKAN ALA BENGKULU

Pendap merupakan masakan tradisional masyarakat Bengkulu. Saat ini cukup sulit untuk menemukan masakan tradisional ini karena mulai banyaknya masakan modern. Jika anda ingin mencicipi masakan pendap maka anda harus mencarinya di warung-warung makan khas masakan Bengkulu atau di pasar tradisional. Ada rumah makan yang menjajakan pendap ikan pais yaitu di Rumah Makan Bengkulu Jalan Kapten Tendean kilometer 6. Masakan pendap konon sangat diminati oleh para wisatawan. Pendap sering dijadikan oleh-oleh bagi yang pernah melancong ke Bengkulu. Meskipun pendap bukan termasuk makanan kering, namun pendap juga dapat dipaketkan selama dikemas dengan aman.

Sumber foto http://nutrisiuntukbangsa.org/

Masakan dengan bahan utama ikan  ini, sepintas mirip dengan pepes ikan yang biasa kita nikmati. Proses pembuatannya pun hampir sama dengan cara membuat pepes ikan. Satu yang membedakan pendap dengan pepes ikan yaitu pendap menggunakan daun talas. Pendap tidak langsung dibungkus dengan daun pisang, melainkan daging ikan yang telah dibumbui dibalut dengan daun talas terlebih dahulu, barulah setelah itu dibungkus dengan daun pisang.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat pendap antara lain daun talas, kelapa parut, kelapa goreng atau kelapa yang telah disangrai, kunyit, lengkuas, kencur, ikan laut, cabe rawit, cabe merah, merica, garam, asam jawa, dan daun pisang untuk membungkus. Bumbu dasar seperti kencur, kunyit, lengkuas, cabe merah, cabe rawit, dan merica dihaluskan kemudian letakkan dalam wadah yang cukup besar. Bumbu dasar tersebut dicampur dengan kelapa dan garam kemudian beri satu potong ikan.

Sebelum anda membungkus menggunakan daun talas, daun talas harus dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran. Anda juga tidak bisa sembarangan memilih daun talas. Daun talas yang dapat dimakan hanya daun yang mempunyai batang berwarna putih. Setelah itu bungkus dengan daun talas dan daun pisang. Sebaiknya saat membungkus dengan daun pisang lakukan secara menyilang tiga lapis agar air tidak masuk saat proses perebusan. Setelah semua siap rebuslah selama kurang lebih delapan jam dan setiap empat jam dibalik agar bumbu meresap dan rata.

Sumber foto : http://ensiklopediaindonesia.com/


Ikan yang digunakan untuk memasak pendap biasanya adalah ikan kakap, ikan gumuru, ikan gebur, ikan jenihin, dan ikan terusan. Ikan terusan biasanya digunakan untuk memasak pendap karena memiliki tekstur yang lembut, memiliki daging yang dominan dan tulangnya sedikit. Gizi pendap sangat tinggi karena menggunakan ikan sebagai bahan dasar. Seperti kita tahu ikan merupakan sumber protein, vitamin, dan mineral yang tinggi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar