Sabtu, 14 Maret 2015

MENIKMATI GURIHNYA LAKSA TANGERANG

Laksa merupakan salah satu makanan legendaris di kota Tangerang. Nama laksa sendiri konon berasal dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti “banyak”. Mungkin diberi nama laksa karena makanan ini terdiri atas banyak bahan dan bisa dibilang sangat bergizi. Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih dan akan sangat nikmat jika disajikan dengan daging ayam atau telur. Laksa khas Tangerang merupakan perpaduan rempah-rempah, santan, cabe giling, yang kemudian dilengkapi dengan sayuran rebus seperti buncis, kentang, dan wortel.

Sumber foto http://food.detik.com/
Laksa Tangerang berbeda dengan laksa dari Cibinong atau Betawi. Laksa Tangerang menggunakan mie putih dengan ukuran yang cukup besar. Mie laksa ini kemudian disiram dengan kuah sayur yang menggunakan kacang hijau dengan taburan daun kucai dan daun seledri. Kuah Laksa Tangerang juga tidak terlalu kuning seperti Laksa Cibinong atau Betawi.

Laksa Cibinong Bogor memiliki kuah yang kental karena menggunakan oncom. Isi dari laksa Cibinong antara lain ketupat, bihun, tauge panjang, irisan daging ayam, udang dan telur rebus yang kemudian dinikmati dengan sambal cuka. Sedangkan laksa Betawi isinya berupa ketupat, telur, tauge pendek, daun kemangi dan kucai. Ada pula yang menambahkannya dengan bihun dan perkedel.

Mie yang digunakan dalam masakan laksa Tangerang memiliki warna putih karena terbuat dari beras. Tekstur mie juga cenderung kasar dan tidak terlalu lentur. Rasa kuah dari laksa ini gurih namun tidak membuat eneg meskipun menggunakan santan. Ketika mencicipi kuahnya akan ada sesuatu yang kasar. Hal ini karena dalam kuah laksa terdapat taburan kelapa parut sehingga membuat rasa laksa Tangerang semakin lezat. Pada daging ayam laksa jika diperhatikan akan ada bagian yang gosong seperti daging ayam ini telah dibakar terlebih dahulu sebelum disajikan.


Jika anda ingin mencicipi laksa Tangerang ini, anda dapat mengunjungi Kawasan Kuliner Laksa Tangerang yang berada di ujung jalan Moh. Yamin atau lebih dikenal dengan kawasan LP Wanita Dewasa. Letaknya persis di depan pintu masuk LP Wanita Dewasa. Di sana akan ada beberapa penjual laksa Tangerang diantaranya, laksa Bang Kumis Bewok, Laksa Lepay, Laksa Bang Tubing, Laksa Bang Benni. Laksa Bang Kumis adalah yang paling terkenal di sana. Jika anda berkunjung ke Tangerang jangan lupa mampir ke Kawasan Kuliner Laksa Tangerang dan cobalah kuliner ini. Kawasan Kuliner Laksa Tangerang yang konsepnya semi terbuka membuat anda dapat menikmati laksa dengan semilir angin yang sejuk. Selamat mencoba J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar