Senin, 30 Maret 2015

PEDESAN ENTOG ALA INDRAMAYU

Pedesan entog, hmm dari namanya saja sudah bisa ditebak kuliner ini memiliki cita rasa yang pedas karena pedesan entog ini diolah dengan menggunakan cabe dan merica yang cukup banyak. Kuliner ini sekilas hampir sama dengan olahan rica-rica dari Magelang. Pedesan entog kuahnya tidak memakai santan namun ketika dimakan akan terasa sangat kental.

Sumber foto : http://www.bango.co.id/
Selain menggunakan daging entog makanan ini bisa juga diolah dengan daging bebek atau ayam. Sebelum di masak sebaiknya daging diungkep terlebih dahulu supaya empuk. Selain itu gunakan daging entog, bebek atau ayam yang masih muda. Daging entog yang biasanya berbau amis dengan tekstur lebih kenyal dibandingkan daging bebek atau ayam jika diolah dengan baik maka akan bebas dari bau amis dan teksturnya menjadi empuk dengan bumbu yang meresap sampai ke serat daging. Pedesan entog akan sangat nikmat disajikan dengan sepiring nasi putih hangat.

Pedesan entog awal mulanya muncul di Indramayu sekitar tahun 2000an dan warung pertama yang menyediakan masakan ini terdapat di desa Nunuk kecamatan Lelea. Di jalur pantura Indramayu saat ini mulai banyak rumah makan yang menjajakan pedesan entog. Ada satu warung pedesan entog yang cukup terkenal yaitu Pedesan Entog bang Combat. Warung sederhana milik bang Dadang Combat ini berada di kawasan Sport Center Indramayu. Kelebihan dari pedesan entog bang Combat ini daging entog terasa lembut dan empuk. Bau apek dan amis dari daging entog pun tidak terasa berganti menjadi rasa gurih dengan bumbu rempah yang meresap dengan sempurna. Menurut bang Dadang ada teknik tersendiri untuk mengolah entog supaya tidak berbau amis dan apek.

Bang Dadang juga menjelaskan manfaat dari mengkonsumsi pedesan entog selain bisa menghangatkan tubuh, bisa juga untuk meningkatkan vitalitas pria. Pedesan entog harus diolah dengan cara yang benar agar manfaat mengkonsumsi entog dapat terasa. Teknik pengolahan entog merupakan kunci yang harus diperhatikan. Menurut bang Dadang ada bagian tubuh entog yang harus dibuang agar tidak menghasilkan bau apek dan amis. Entah fakta atau hanya mitos bahwa pedesan entog dapat meningkatkan vitalitas pria masih harus dilakukan pengujian secara ilmiah terlebih dahulu yaa J


Untuk mengolah pedesan entog ini hampir menggunakan semua bumbu dapur. Olahan pedesan entog memang kaya akan rempah-rempah sehingga dengan mengkonsumsinya bisa menghangatkan badan. Bumbu yang diperlukan untuk membuat pedesan entog antara lain cabe rawit, cabe merah besar, bawang merah dan bawang putih, jahe yang telah dikupas kulitnya, ketumbar dan kemiri yang telah disangrai, kayu manis, kunyit yang telah dibakar, daun salam, daun jeruk purut, lengkuas, batang serai, garam, gula jawa, air asam jawa, kaldu bubuk, dan kecap manis. Selamat mencicipi pedesan entog J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar