Minggu, 15 Maret 2015

KULINER RAMADHAN, MIE GLOSOR BOGOR

Kota Bogor masih menjadi salah satu kota favorit untuk dikunjungi. Selain hawanya yang sejuk, potensi pariwisata yang menarik, kuliner Bogor juga tidak dapat untuk dilewatkan. Kuliner Bogor juga terkenal dengan laksanya. Namun karena pada postingan sebelumnya saya telah membahas laksa Tangerang, maka kali ini saya akan membahas kuliner lain yang juga khas dari Bogor.

Sumber Foto http://ceritamamikenzie.blogspot.com/
Mie glosor merupakan makanan unik khas Bogor yang sering menjadi santapan untuk berbuka puasa. Karena itulah mie glosor disebut juga makanan khas bulan Ramadhan. Makanan ini akan sangat mudah dijumpai ketika bulan Ramadhan tiba. Sedangkan saat hari-hari biasa akan sulit untuk menemukan penjual mie glosor. Jika anda berkunjung ke kota Bogor saat bulan Ramadhan anda dapat menemukan  penjual mie glosor ini di Taman Kencana Bogor.

Glosor yang berasal dari Bahasa Sunda ini bermakna mudah ditelan. Mie glosor terbuat dari tepung kanji atau tepung singkong yang berwarna kekuningan. Mie ini memiliki tekstur yang kenyal sehingga memudahkan kita untuk menelan. Mungkin inilah yang mendasari mengapa makanan ini disebut mie glosor karena saat kita memakannya mie dengan mudah masuk ke tenggorokan kita dan mudah untuk dicerna.

Sekilas mie glosor ini mirip dengan mie kuning biasa. Namun warna kuning mie glosor berasal dari pewarna alami kunyit. Mie glosor biasanya disajikan dengan bumbu kacang. Bahan-bahan dasar untuk membuat mie glosor pun mudah didapat. Anda dapat membeli mie glosor yang masih mentah di pasar-pasar tradisional Bogor. Bahan untuk membuat mie glosor antara lain bawang merah, bawang putih, kemiri yang telah disangrai, merica dan garam. Sedangkan untuk sayurnya anda dapat menambahkan sayur sawi dan kubis.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Pertama haluskan bumbu dasar yaitu bawang merah, bawang putih, kemiri sangrai, dan merica. Mie glosor yang masih mentah direbus terlebih dahulu sebelum dimasak dengan bumbu dasar. Setelah semua siap, tumis bumbu dasar yang telah dihaluskan sampai harum, kemudian masukan mie glosor dan sayuran. Beri garam secukupnya dan aduk hingga rata. Setelah matang tambahkan taburan bawang goreng sebagai penyedap. Mie glosor juga lebih mantap jika dilengkapi dengan gorengan yang telah dipotong-potong kemudian disiram dengan bumbu kacang.


Untuk membuat bumbu kacangnya juga tidak sulit. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain kacang tanah yang telah digoreng, cabe merah, cabe rawit, garam, gula pasir, air cuka, dan air matang. Haluskan semua bahan kemudian beri sedikit air cuka dan air matang, kemudian aduk hingga rata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar