Rabu, 04 Maret 2015

MIE GOMAK SPAGHETTI ALA MEDAN


Sudah pernah dengar belum dengan mie gomak? Kalau saya pribadi baru kali ini saya mendengar dan tahu seperti apa mie gomak itu, hehehe. Mungkin sebagian besar dari kita masih jarang yang tahu tentang mie gomak yang sangat khas dari tanah Batak. Jika kita mendegar kota Medan kebanyakan yang muncul di otak kita adalah makanan oleh-olehnya seperti Bika Ambon, Pancake Durian, dan Teri Medan. Tidak seperti Mie Aceh yang mungkin sudah banyak bisa dijumpai di kota-kota besar di Indonesia, mie gomak masih jarang ada di kota-kota besar di Indonesia. Mie gomak biasanya dapat kita jumpai di warung-warung, kedai, ataupun pasar di tanah Batak. Salah satu penjual Mie Gomak yang terkenal ada di daerah Pajak Balerong Balige yaitu Mie Gomak Mak Ranny.



Sumber foto : foodznesia.com

Mie gomak ini banyak juga yang menyebutnya sebagai spaghetti khas batak karena mie ini mirip dengan spaghetti dari Italia. Ada pula yang menyebutnya sebagai mie lidi karena sebelum dimasak bentuknya yang panjang dan lurus seperti lidi. Seperti halnya spaghetti Italia yang mempunyai bumbu khas oregano, mie gomak juga mempunyai bumbu khusus yaitu andaliman.

Andaliman atau biasa dikenal dengan merica batak sudah tidak asing untuk masakan-masakan khas Batak. Bentuknya yang seperti lada kecil namun berwarna kehijauan dapat memberikan rasa pedas dan asam yang menggigit. Dari bumbu andaliman inilah yang membuat mie kenyal ini memiliki rasa yang gurih, asam dan pedas. Aroma khas bumbu andaliman inilah yang menjadi kunci kenikmatan mie gomak, Nyuuum!

Banyak yang menyebut asal-usul nama mie gomak karena gomak yang berasal dari bahasa Batak mempunyai arti dipegang. Hal ini mungkin karena dalam proses pembuatannya dengan cara di gomak-gomak atau diambil langsung dengan tangan. Namun jangan khawatir makanan ini tidak bersih, karena penjual biasanya mencuci tangan terlebih dahulu sebelum meracik mie gomak ini. Jika masih ragu ada juga penjual yang meraciknya dengan menggunakan sendok nasi saat meracik mie gomak.

Seperti halnya mie aceh yang dapat disajikan dengan direbus maupun digoreng, mie gomak juga dapat disajikan dengan direbus dan digoreng. Bisa juga dinikmati dengan bumbu kacang. Mie gomak kuah cara penyajiannya mie gomak yang telah direbus dituang dengan santan lalu ditambahkan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri, lengkuas, serai, jahe, kunyit, dan jangan lupa kuncinya ada di andaliman. Jika ingin menambahkan sayuran bisa ditambahkan labu siam, irisan kol atau buncis. Sebagai pelengkap tambahkan kerupuk dan bawang goreng untuk penyedap.

Mie gomak goreng penyajiannya hampir sama dengan kebanyakan mie lainnya. Anda bisa menambahkan bakso, ayam, potongan sosis dan untuk sayuran anda bisa menambahkan irisan kol atau sawi.


Jika bosan dengan mie yang direbus atau digoreng anda bisa mencoba mencicipi mie gomak dengan bumbu kacang. Cara penyajiannya mie yang telah direbus kemudian dituangkan bumbu kacang dan tambahkan telur rebus untuk menambah nilai gizi mie gomak. Sebagai penyedap taburi dengan bawang goreng dan kerupuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar