Sabtu, 28 Maret 2015

NASI PONGGOL SETAN KHAS KOTA TEGAL

Kota Tegal yang merupakan kota Bahari dan berada di jalur pantai utara tidak hanya terkenal dengan hasil tangkapan ikan. Di kota Tegal juga banyak kulliner yang dapat menggugah selera makan anda. Selain terkenal dengan kuliner tahu aci, tahu plethok, dan kupat blengong saat ini ada satu kuliner yang tengah hits di tengah masyarakat Tegal yaitu nasi ponggol setan.

Sumber foto http://www.sayangi.com/
Mendengar namanya cukup menyeramkan yaa. Mungkin anda berpikiran kuliner ini pasti memiliki cita rasa pedas karena ada embel-embel setan pada namanya. Biasanya memang kuliner dengan embel-embel setan memiliki cita rasa yang supeeerrr pedas, hehe. Lalu apakah memang seperti itu? Yup kuliner ini memang memiliki cita rasa pedas yang terasa sampai dalam. Namun ada juga masyarakat yang menyebutkan penggunaan nama ponggol setan karena makanan ini dijual hingga dini hari. Suasana malam sampai dini hari memang biasanya identik dengan sesuatu yang menyeramkan dan banyak setan. Namun seiring banyaknya permintaan dari masyarakat, saat ini nasi ponggol setan juga dijual di pagi hari sebagai menu sarapan. Anda bisa menikmati kuliner ponggol setan ini di kompleks stasiun kereta api kota Tegal atau di alun-alun kota Tegal.

Nasi ponggol setan saat ini memang telah menjadi makanan sehari-hari bagi masyarakat Tegal. Ponggol sendiri menurut masyarakat asli Tegal maksudnya adalah wadahnya terbuat dari daun dan pincuknya dikunci dengan dua lidi dibagian kanan dan kiri. Nasi ponggol ini biasanya berisi nasi putih yang masih hangat dengan lauk tahu, tempe, dan ikan asin yang kemudian dibungkus dengan daun pisang sehingga  menghasilkan aroma yang harum khas daun pisang.

Ada satu lauk utama yang harus ada pada kuliner ini yaitu sambal goreng tempe atau ada juga yang menyebut orek tempe. Tempe ini diolah pedas bersantan yang dimasak hingga kering seperti orek tempe. Sebelum tempe diolah menjadi sambal goreng, tempe terlebih dahulu dipotong-potong bentuk dadu kemudian dijemur di bawah panas matahari selama satu hari. Konon karena cara inilah yang membuat olahan sambal goreng mempunyai cita rasa yang khas.


Selain dengan lauk sambal goreng tempe, nasi ponggol setan juga enak dinikmati dengan sayuran seperti urab atau masakan lain seperti tumis labu siam, tumis kangkung, ataupun bihun goreng. Tak lupa ditemani dengan segelas teh khas Tegal yang terkenal wasgitel, maksudnya teh wangi, panas, sepet, legi (manis) dan kentel (kental). Selamat mencoba J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar