Senin, 16 Maret 2015

MIE KOCOK, KULINER LEGENDARIS DARI BANDUNG

Kota Bandung sungguh tidak diragukan lagi potensi wisatanya. Tidak hanya wisata alam, Bandung juga menjadi surga kuliner bagi para pelancong yang mengunjungi kota kembang tersebut. Di kota ini berbagai macam makanan lokal maupun internasional semua ada di sini. Mulai dari makanan Eropa, Jepang, Korea, Bali, Jawa, Sunda semua ada. Namun jika anda ke Bandung, belum lengkap jika belum mencicipi Mie Kocok yang sangat legendaris.

Sumber foto http://food.detik.com/
Mie kocok merupakan salah satu makanan yang cocok disantap dalam berbagai suasana baik siang atau malam, saat hujan maupun saat cuaca cerah mie kocok tetap lezat untuk dinikmati. Mie kocok juga dapat dinikmati oleh anak-anak maupun orang tua. Mie kocok merupakan perpaduan mie kuning dengan tauge yang kemudian disiram kuah bening yang agak kental karena memakai lemak kaki sapi.

Lalu mengapa dinamakan mie kocok? Anda pasti sudah bisa menebak hal ini karena proses pembuatannya mie tersebut di kocok-kocok. Yup, makanan ini dinamakan mie kocok karena memang dalam proses pembuatannya mie di kocok-kocok supaya dapat matang merata. Pada awalnya mie yang masih mentah direbus dalam suatu wadah yang cukup besar kemudian mie diangkat menggunakan sesuatu seperti gayung yang berlubang untuk mengeluarkan air. Dalam gayung berlubang itu mie dikocok sampai matang dengan rata.

Mie kocok sendiri menggunakan bahan baku mie telor yang mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional maupun di supermarket. Namun pada umumnya para pengusaha mie kocok lebih suka membuat mie sendiri karena lebih murah, penjual mie kocok juga dapat mempertahankan cita rasa dari mie kocok. Selain itu, penjual dapat memastikan kebersihan dan gizi dari mie tersebut.

Bahan untuk membuat mie kocok juga cukup sederhana. Selain menggunakan mie telor juga menggunakan tauge, sayuran sawi, daging, bakso, daun bawang, dan bawang goreng untuk pelengkap. Untuk memasak mie kocok juga cukup mudah. Pertama didihkan air kemudian masukkan mie telor, sawi dan tauge. Setelah itu, lanjutkan dengan memasukkan potongan daging dan bakso. Setelah mie dan sayuran terlihat layu terakhir baru masukkan bumbu-bumbu.

Di Bandung sendiri ada beberapa penjual mie kocok yang terkenal antara lain, Mie Kocok Mang Dadeng di jalan Banteng (sekarang jalan KH. Ahmad Dahlan), Mie Kocok SKM di jalan Sunda, Mie Kocok H. Amsar di jalan Sudirman dan Mie Kocok depan toko Kartika Sari di Jalan Buah Batu. Namun Mie Kocok Mang Dadeng lah yang selama ini cukup legendaris karena telah ada sejak tahun 1958.


Perbedaan Mie Kocok Mang Dadeng dengan mie kocok yang lain ada pada kualitas kikil yang tebal namun kenyal dan tetap empuk. Selain itu di gerai mie kocok Mang Dadeng ada menu mie kocok spesial di mana ada tambahan Sumsum sapi yang cukup banyak. Selain itu, resep rahasianya ternyata mie kocok Mang Dadeng menggunakan 27 rempah-rempah diantaranya daun salam, serai, jahe, bawang putih, bawang merah, gula batu dan udang kering. Hmmm... benar-benar kuliner yang dapat mengocok perut anda yaa J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar