Kamis, 26 Maret 2015

NASI CIKUR MENU SARAPAN KHAS TASIKMALAYA

Sedang berkunjung ke Tasikmalaya? Bingung cari sarapan dan ingin mencicipi menu khas Tasik? Mungkin anda bisa mencoba sarapan dengan nasi cikur khas Tasik. Makanan ini konon sudah mulai langka jadi jangan sampai terlewat  untuk mencicipi menu tradisional ini.

Sumber foto http://www.wego.co.id/

Tasikmalaya, salah satu kota di tanah Pariangan bagian timur ini memang dikenal dengan berbagai potensi wisatanya. Tidak hanya wisata alam dan kerajinan tangan tetapi juga terkenal dengan kulinernya. Untuk wisata kuliner, Tasikmalaya tidak hanya terkenal dengan nasi tutug oncomnya yang enak. Nasi cikur Tasik juga tidak kalah lezat. Cikur yang konon berasal dari bahasa Sunda ini memiliki arti kencur.

Nasi cikur merupakan masakan tradisional khas Tasik yang biasanya dinikmati saat sarapan. Menu ini sangat cocok untuk sarapan karena rasa dari nasi cikur ini ketika dimakan akan terasa hangat di badan. Aroma kencur dan bumbu rempah-rempah yang sangat khas inilah yang mampu menghangatkan badan dari sejuknya udara pagi di Tasikmalaya.

Nasi cikur ini hampir sama seperti nasi goreng namun menggunakan kencur sebagai bahan utamanya. Rasanya pun berbeda dengan nasi goreng yang menggunakan kecap manis. Rasa nasi cikur ini cenderung asin gurih dan harum dengan aroma kencur yang sangat khas. Nasi pada nasi cikur tampak berwarna kemerah-merahan yang berasal dari campuran cabe merah. Biasanya nasi cikur akan semakin lezat jika disajikan lengkap dengan irisan telur dadar, ayam suwir, tahu goreng, serundeng, acar timun dan wortel, orek tempe, sambal goang yang terbuat dari cabe rawit dan garam. Wow.. menu sarapan yang sangat bergizi yaa J

Bahan untuk membuat nasi cikur cukup sederhana, yaitu minyak sayur, batang kencur muda yang diiris halus, udang kupas, batang daun bawang yang diiris kasar, dan nasi putih. Sementara itu bumbu yang dihaluskan antara lain cabe merah, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, kencur, butiran merica, terasi, dan garam. Untuk membuatnya pun cukup mudah. Pertama tumis kencur muda dan bumbu yang telah dihaluskan hingga aromanya harum. Kemudian masukkan udang dan daun bawang, diaduk hingga bahan yang ditumis berubah warna. Terakhir tambahkan nasi dan aduk hingga rata.

Kedai nasi cikur yang banyak dituju yaitu Kantin 43 yang terletak di ujung jalan Panyerutan. Warung kecil ini sangat terkenal di Tasik. Bahkan pelanggan yang tidak kebagian tempat duduk di dalam bisa menikmati nasi cikur di trotoar atau di dalam mobil masing-masing. Kedai nasi cikur ini biasanya buka sekitar pukul enam pagi dan nasi cikur pun bisa langsung habis hanya dalam waktu dua jam. Bagi anda yang ingin mencicipi nasi cikur di kedai ini berati jangan sampai datang kesiangan yaa J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar