Minggu, 29 Maret 2015

NASI GROMBYANG KHAS PEMALANG

Nasi grombyang kuliner asli Pemalang ini mungkin masih terdengar asing karena belum banyak dikenal oleh masyarakat. Tapi bagi para pemudik yang sering melalui jalur pantura dan melewati kota Pemalang mungkin sudah pernah mencicipi kuliner ini. Pemalang yang memang berada di jalur Pantura ini bisa menjadi tujuan anda untuk berwisata kuliner sambil anda melakukan perjalanan mudik. Jika anda berkunjung ke Pemalang maka wajib mencicipi kuliner asli Pemalang ini.
Sumber foto : http://punggowo.com/
Nasi grombyang ini merupakan kuliner sejenis dengan soto atau rawon yang khas di Jawa Timur. Sekilas nasi grombyang mirip dengan nasi rawon karena kuahnya yang pekat. Namun dijamin rasanya sangat berbeda dengan rawon dan akan membuat anda ketagihan untuk menikmati nasi grombyang ini lagi. Pada nasi grombyang bumbu rempahnya lebih terasa dan ada aroma khas dari kelapa sangrai.

Lalu dari mana asal nama grombyang? Terdengar unik memang. Konon nama grombyang berasal dari cara penyajiannya karena antara  isi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga isinya terlihat bergoyang-goyang (bahasa jawa menjadi grombyang) atau isinya terlihat mengambang.

Isi dari nasi grombyang ini sendiri biasanya terdiri atas nasi, irisan daging kerbau yang kemudian disiram dengan kuah dan ditaburi potongan daun bawang, disajikan dalam mangkuk kecil yang juga dilengkapi dengan sate kerbau. Untuk sate kerbaunya sendiri dijamin rasanya berbeda dengan sate-sate daging pada umumnya. Sate kerbau ini dagingnya sangat empuk karena diiris tipis-tipis. Cara penyajiannya pun berbeda dengan sate kebanyakan. Sate kerbau ini dibalut dengan bumbu kelapa parut sangrai yang pekat sehingga menghasilkan cita rasa yang khas.

Sumber foto : http://wisata.kompasiana.com/
Menurut penuturan orang asli Pemalang, makanan khas ini sudah ada sejak tahun enam puluhan. Saat ini ada satu penjual nasi grombyang yang sangat terkenal yaitu nasi grombyang H. Warso di jalan R.E. Martadinata yang berada di dekat alun-alun. Warung nasi grombyang H. Warso ini buka dari pukul delapan pagi hingga sembilan malam. Nasi grombyang enak disantap dalam cuaca apapun, baik panas maupun dingin.

Bahan untuk membuat nasi grombyang ini sungguh kaya akan rempah-rempah. Bahan yang dibutuhkan antara lain iga sapi, daging sandung lamur, batang serai, daun salam, garam, gula merah, daun bawang, dan bawang goreng. Sementara itu untuk bumbu yang dihaluskan antara lain ketumbar, merica, bawang merah, bawang putih, kluwek, kelapa parut yang telah disangrai, jahe dan kunyit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar