Minggu, 08 Maret 2015

GANGAN SUP IKAN ALA BELITUNG

Belitung yang dikenal sebagai Pulau Laskar Pelangi ini selain dikenal sebagai wilayah yang memiliki pantai-pantai yang indah juga mulai dikenal dengan kulinernya yang lezat. Belitung yang secara geografis dikelilingi lautan memiliki potensi hasil laut yang besar. Tak heran jika Belitung terkenal dengan olahan hasil lautnya. Makanan berbahan dasar ikan sangat mudah ditemukan karena sudah biasa untuk menu makanan sehari-hari.


Sumber foto : wacananusantara.org

Salah satu kuliner olahan ikan yang terkenal dari Belitung yaitu Gangan. Gangan merupakan makanan sejenis sup ikan. Tidak seperti kebanyakan sup ikan yang kuahnya bening, gangan mempunyai kuah yang berwarna kuning namun tidak seperti gulai. Gangan tidak memakai santan seperti gulai. Warna kuning pada kuah gangan berasal dari warna alami kunyit. Gangan memiliki perpaduan rasa yang asam dan pedas, sangat pas dinikmati dengan sepiring nasi putih yang masih hangat.

Bahan dasar yang digunakan untuk memasak gangan yaitu kunyit, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, lengkuas, serai, kemiri, asam, dan daun salam sebagai pelengkap. Biasanyan gangan dimasak pedas karena untuk menetralkan bau amis dari ikan. Bisa juga menambahkan irisan buah nanas untuk menambah rasa segar sup ikan ini.

Cara memasak gangan bumbu-bumbu dasarnya tidak perlu ditumis dahulu. Semua bahan utama dan bumbu langsung direbus bersama. Untuk menikmati gangan yang lezat sebaiknya gangan disajikan langsung dalam keadaan masih hangat. Usahakan tidak dihangatkan lagi karena cita rasa dari gangan akan berubah. Jenis ikan yang biasanya digunakan untuk memasak gangan antara lain ikan ketarap, ikan kakap merah, ikan lele, dan ikan asin. Bisa juga anda memasak gangan menggunakan bahan dasar kepiting. Kepala ikan ketarap adalah bahan dasar yang paling baik untuk dimasak gangan karena tidak menghasilkan aroma amis. Namun memang ikan ketarap harganya yang paling mahal. Sebaiknya ikan yang digunakan untuk memasak adalah ikan yang masih segar supaya menghasilkan cita rasa yang lezat.

Masakan gangan ikan mudah dijumpai di rumah-rumah warga di Belitung karena merupakan menu sehari-hari masyarakat Belitung. Jika anda berkunjung ke Belitung anda bisa mencicipi masakan gangan ikan ini di Restaurant Sari Dini di daerah Manggar Belitung Timur.

Gizi yang terkandung dalam masakan gangan ikan ini sangatlah banyak. Seperti yang kita tahu ikan memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena merupakan sumber protein. Selain itu ikan juga mengandung omega 3 dan asam amino yang berguna untuk merangsang pertumbuhan sel otak. Ikan juga mengandung banyak vitamin antara lain vitamin A, vitamin D, vitamin B6 dan B12, juga mengandung zat besi dan yodium.


Bumbu dasar masakan gangan juga mengandung zat yang bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya kunyit yang mengandung kurkumin, desmetoksin, vitamin C, protein, zat besi, dan fosfor. Zat yang terkandung dalam kunyit ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mampu menurunkan tekanan darah. Selain kunyit, buah nanas juga kaya akan vitamin C. Zat yang terkandung dalam nanas berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar