Selasa, 07 April 2015

KUPAT TAHU MAGELANG

Di Indonesia kuliner berbahan dasar tahu dan kupat atau ketupat sudah tidak asing lagi. Terutama di tanah Jawa, kuliner kupat tahu sudah tersebar di berbagai daerah yang tentu mempunyai ciri khas masing-masing. Salah satu kuliner kupat tahu yang terkenal adalah kupat tahu dari Magelang. Ciri khas dari kupat tahu Magelang yaitu memiliki kuah yang encer nan segar dengan cita rasa yang dominan pedas, gurih, dan sedikit manis.
Sumber foto http://www.selerakita.info/

Kupat tahu Magelang ini menggunakan bumbu yang cukup sederhana. Bumbu yang digunakan antara lain bawang putih, cabe, garam, dan bumbu kacang. Untuk sayuran biasanya yang digunakan adalah sayuran kol, tauge dan daun seledri. Kupat tahu Magelang juga dilengkapi potongan tahu putih yang telah digoreng terlebih dahulu dan juga bakwan atau gimbal. Tak lupa taburan bawang goreng untuk menambah kelezatan dari kupat tahu. Anda bisa juga memesan kupat tahu spesial dengan tambahan telur ceplok atau telur dadar yang menjadikan kuliner ini semakin bergizi. J

Di Magelang ada dua penjual kupat tahu yang sangat terkenal yaitu kupat tahu pak Pangat dan kupat tahu Pojok (Pak Slamet). Kupat tahu pak Pangat berada di jalan Senopati. Warung kupat tahu Pak Pangat sendiri mempunyai dua cabang. Warung yang satu ada di dekat SMP Negeri 7 dan yang lainnya berada tak jauh dari SMU Negeri 4. Pak Pangat konon sudah berjualan kupat tahu sejak tahun 1985.

Kupat tahu Pak Pangat ini memiliki keunggulan tersendiri yaitu sayuran kol yang digunakan bukan sayuran kol mentah, melainkan telah digoreng terlebih dahulu. Sayuran kol yang telah digoreng ini ternyata membuat cita rasanya menjadi lebih manis. Kunci dari kesegaran kuah kupat tahu pak Pangat ternyata ada pada bumbu dasar yang digunakan. Selain menggunakan bawang putih dan kacang tanah, pak Pangat juga menambahkan air gula jawa, asam jawa dan kecap. Pak Pangat juga memiliki cara tersendiri untuk meracik kupat tahunya, yaitu dengan cara bawang putih dan kacang tanah yang sudah digoreng langsung diulek pada piring saji. Setelah meracik bawang putih dan kacang tanah di atas piring saji barulah ditambahkan air gula merah dan kecap.

Selain kupat tahu pak Pangat ada juga kupat tahu yang tak kalah legendaris, yaitu Kupat Tahu Pojok. Konon kupat tahu Pojok ini sudah buka sejak tahun 1952. Kupat tahu pojok letaknya berada di jalan Tentara Pelajar nomor 14. Di warung kupat tahu Pojok ini juga menyediakan sekoteng dan wedang jahe untuk menemani anda saat menyantap kupat tahu. Sekoteng dan wedang jahe ini memang sangat cocok di nikmati di kota Magelang yang mempunyai hawa cukup sejuk.


Mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta keluarga pun kabarnya sudah pernah mencicipi lezatnya kupat tahu Pojok ini. Wow, referensi kuliner yang patut dicoba yaa, bahkan mantan orang nomor satu di negeri ini sudah pernah menikmati kupat tahu pojok. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar